• SMK YPT 2 PURBALINGGA
  • Sekolah Pencetak Generasi Sukses
  • official.smkypt2purbalingga@gmail.com
  • 0281 - 892407 / 0812 2727 3344
  • RSS
  • Pencarian

Adobe Flash: Mengenal Area Kerja Adobe Flash Proposional

Ini adalah langkah awal apabila sahabat ingin Mengenal dan mempelajari Adobe Flash Profesional CS5. Walaupun saat ini versi adobe flash sudah versi CS6, tak jauh bedanya dengan versi CS 5 atau versi macromedia dari sisi fungsinya.

Dalam tahap awal adalah perkenalan pada area kerja adobe flash profesional CS 5. Berikut adalah tutorial pemula untuk mempelajari adobe flash CS 5 :

Pastinya sahabat telah membuka aplikasi adobe flash profesional CS 5 dan memilih action script 3.0

1

Gambar di atas adalah gambar area kerja adobe flash profesional CS 5. Berikut adalah penjelasan dan fungsi dari beberapa keterangan gambar di atas :

  •     File memuat data yang kita buka atau yang sedang kita kerjakan
  •     Menu berisi intruksi atau perintah-perintah. Terdapat menu pilihan berupa File, Edit, View, Insert, Modify, Text Commands, Control, Debug, Window dan Help. Sahabat dapat melihat SubMenu yang terdapat pada masing-masing Menu dengan mengklik satu kali pada Menu yang ingin sahabat pilih.

Menu Adobe Flash Profesioal CS 5

  •     Stage dapat diibaratkan seperti panggung pertunjukan. Apasaja yang kita buat pada stage itulah sebuah pertunjukan
  •     Toolbox berisi tools yang digunakan untuk membuat, menggambar, memilih, menulis, memanipulasi objek atau isi yang terdapat dalam stage dan timeline. Berikut komponen – komponen dalam toolbox beserta fungsi atau kegunaannya. Toolbox umumnya terletak kanan stage (mode ESSENTIALS)

Toolbox Adobe Flash Profesional CS 5

  1. Selection berfungsi untuk menyeleksi obyek
  2. Sub selection berfungsi menyeleksi obyek pada proses editing
  3. Free transform berfungsi merubah ukuran dan bentuk obyek
  4. Lasso berfungsi menyeleksi obyek dengan pola bebas
  5. Rectangle berfungsi membuat obyek
  6. Black and white berfungsi mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam atau putih
  7. Swap color berfungsi untuk membalik warna garis dan bidang suatu obyek

Selebihnya sahabat dapat mempraktekan setiap tools secara langsung. Setelah praktek pastilah akan mengetahui setiap fungsi dari gambar tools di atas.

  • Timeline atau garis waktu terdiri dari banyak Frame yang berfungsi untuk mengatur jalannya animasi yang dibuat. Semakin banyak Frame yang kita buat, maka akan semakin lama jalannya animasi. Pada Timeline terdapat layer yang berfungsi membuat objek yang sama atau berbeda dalam suatu Frame.

Timeline Adobe Flash Profesional CS 5

  • Pada umumnya panel yang terdapat pada Macromedia Flash Pro 8 terdiri dari panel Properties, Filters dan Parameters, panel Library, panel Color dan panel Align, Info dan Transform. Panel Actions. Anda dapat menambahkan panel selain panel yang disebutkan di atas yang terdapat pada: Menu, Window, Other Panel. Berikut beberapa keterangan dari Panels tersebut :
  1. Panel Properties, Filters dan Parameters berfungsi untuk melihatnya, dengan menekan tombol pada Keyboard (Ctrl+F3). Panel ini berfungsi untuk mengatur ukuran Background, warna Background, kecepatan animasi dan lain-lain.
  2. Panel Actions berfungsi untuk melihatnya, dengan menekan tombol pada Keyboard (F9). Berfungsi untuk Menulis bahasa pemrograman. Dengan bantuan bahasa pemrograman yang terdapat pada Macromedia Flash Pro 8, dapat membantu dalam membuat suatu animasi.
  3. Panel Library berfungsi untuk melihatnya, dengan menekan tombol pada Keyboard (Ctrl+L). Berfungsi untuk menyimpan jenis-jenis objek yang telah dibuat. Objek dapat berupa gambar, tombol, Movie, File suara, dan Graphic.
  4. Panel Color berfungsi untuk melihatnya, dengan menekan tombol pada Keyboard (Shift+F9) untuk Color Mixer dan (Ctrl+F9) untuk Color Swatches. Berfungsi untuk memilih warna objek sesuai dengan keinginan.
  5. Panel Align, Info danTransformberfungsi untuk melihatnya, dengan menekan tombol pada Keyboard (Ctrl+K). Berfungsi untuk mengatur objek berada pada posisi di kanan, tengah-tengah, kiri, atas, bawah pada layar (Stage) dan pilihan lainnya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Aplikasi Adobe Flash

Adobe Flash atau yang dikenal pada awalnya sebagai Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan dari Adobe Systems. Adobe Flash ini digunak

11/02/2021 05:25 - Oleh Administrator - Dilihat 1392 kali
Macam Style pada Multimedia Interaktif

Untuk materi bisa di lihat / di download pada link dibawah ini : Link Materi

03/02/2021 12:02 - Oleh Administrator - Dilihat 1710 kali
Komponen Multimedia Interaktif

Multimedia diartikan sebagai penggunaan komputer dalam menyajikan serta menggabungkan teks, gambar, suara/audio, video serta animasi dengan tool (alat bantu) dan link (koneksi) sehin

27/01/2021 08:10 - Oleh Administrator - Dilihat 27628 kali
Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Kata bandwidth sering kita dengar apalagi saat membahas mengenai topik Virtual

14/01/2021 10:03 - Oleh Administrator - Dilihat 1345 kali
Jenis Pengoperasian Media Interaktif

User interface adalah Cara/mekanisme User melakukan interaksi dengan program, sehingga user dan program dapat ‘berkomunikasi’ satu sama lain. User interface dapat menerima i

13/01/2021 14:39 - Oleh Administrator - Dilihat 1230 kali