• SMK YPT 2 PURBALINGGA
  • Sekolah Pencetak Generasi Sukses
  • official.smkypt2purbalingga@gmail.com
  • 0281 - 892407 / 0812 2727 3344
  • RSS
  • Pencarian

Aplikasi Adobe Flash

Adobe Flash atau yang dikenal pada awalnya sebagai Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan dari Adobe Systems. Adobe Flash ini digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar.

Berkas yang dihasilkan dari Adobe Flash adalah swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash merupakan salah satu program yang digunkan untuk membuat animasi yang sangat handal jika dibandingkan dengan program lain karena dalam hal ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil. Biasanya hasil animasi Flash banyak digunakan untuk membuat sebuah web agar tampilannya menjadi lebih interaktif. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama Action Script,  bahasa pemrograman ini muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis  sehingga sangat cocok untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik.

Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga dengan kemampua ini flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver , pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.

Flash sekarang ini bukan hanya digunakan sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kamu tidak harus menggunakan software Adobe Flash, namun bisa juga menggunakan software lain seperti SwishMax, , Swift 3D, Amara, Kool ,Vecta 3D Moves dan lainnya.

Sejarah Adobe Flash

Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali sekitar tahun 1980-an, pada waktu itu seorang siswa SMA dengan nama Jonathan Gay menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar komputer. Kemudian dia mengajukan dan mengikutsertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains disekolahnya. Setelah dia menang, program buatannya tersebut menarik perhatian bagi seorang pengembang software lokal yaitu Charlie Jackson.

Pada masa itu Jackson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Silicon Pantai Software, yang akan menghasilkan program untuk jenis komputer Macintosh. Dengan sedikit dana yang di milikinya untuk mempekerjakan para pengembang berpengalaman, akhirnya Jackson Gay disewa untuk membantu menciptakan program-programnya.

1. Peluncuran FutureWave

Pada Januari 1993 ia mendirikan FutureWave Software dan dengan segera membuat SmartSketch. Program ini memungkinkan pengguna untuk menggambar secara elektronik pada komputer mereka dan sedikit berhasil karena Gay terlambat masuk ke pasar tersebut sehingga kalah saingan dengan senior-seniornya

2. Membuat Flash

Pada musim panas 1995, SmartSketch mendapat masukan dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. Namun FutureWave sedikit kurang percaya diri mengenai pemasarannya, karena pada waktu itu animasi hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.

Namun dia tidak menyerah, kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya, dimana akhirnya grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini sebagai peluang untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi.

Kemudian SmartSketch sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut akhirnya diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena khawatir dinilai sebagai aplikasi pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.

3. Macromedia

FutureSplash animator mendekati para pengembang hanya dalam beberapa bulan dari rilis program tersebut yang begitu sukses di pasar komputer dan Microsoft. Microsoft merencanakan versi online dari MSN dan percaya bahwa nantinya FutureSplash akan memberikan kualitas grafis terhalus dan tertinggi.

Selain itu Disney Online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan situs web mereka. Akhirnya pada bulan November 1996, Macromedia menawarkan untuk membeli program tersebut  dan pada bulan Desember Gay menerimanya. Macromedia Kemudian membeli FutureSplash Animator yang kemudian diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0 yang pada akhirnya mempekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President.

Perkembangan Flash
 
Seiring dengan perkembangannya, Flash berkembang dan mempunyai beberapa versi yang diciptakan hingga tahun ini. Adapun riwayat produk perkembangan flash mulai dari tahun 1996 hingga perkiraan tahun 2010 adalah sebagai berikut:

1.    FutureSplash Animator (April 10, 1996)

Versi flash dengan tool editing dan timeline dasar FutureSplash Animator diluncurkan pada10 April 1996.

2.     Macromedia Flash 1 (November 1996)

Versi ulang dari FutureSplash Animator. Dirilis pada November 1996

3.    Macromedia Flash 2 (June 1997)

Dirilis pada Juni 1997 dengan Flash Player 2, termasuk fitur baru, object library atau tempat penyimpanan objek yang di import dari luar.

4.    Macromedia Flash 3 (May 31, 1998)

Dirilis pada 31 Mei 1998 dengan Flash Player 3, termasuk fitur-fitur baru, seperti: movieklip elemen, JavaScript plug-in terintegrasi, transparansi.

5.    Macromedia Flash 4 (June 15, 1999)

Dirilis pada 15 Juni 1999 dengan Flash Player 4, fitur baru termasuk: variable internal, sebuah field input, ActionScript yagn lebih maju, dan streaming MP3.

6.    Macromedia Flash 5 (August 24, 2000)

Dirilis pada 24 Agustus 2000 dengan Flash Player 5, fitur-fitur baru termasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, sehingga sangat mirip dengan JavaScript di sintaks), XML support, Smartclips (pendahulu untuk komponen dalam Flash), HTML tambahan format untuk teks dinamis (dynamic text)

7.    Macromedia Flash MX (as version 6, released on March 15, 2002)

Dirilis pada 15 maret 2002 sebagai macromedia Flash versi 6, dengan Flash Player 6, termasuk fitur baru seperti: Video codec, Unicode , UI Components , compression , ActionScript vector drawing API           .

8.    Macromedia Flash MX 2004 (as version 7, released September 9, 2003)

Dirilis pada 9 September 2003 sebagai macromedia Flash versi 7, dengan Flah Player 7, termasuk fitur baru seperti: Actionscript 2.0 (yang memungkinkan sebuah pemrograman yang berorientasi objek model untuk Flash) (meskipun itu kurang dalam fungsi membantu script versi lainnya, berarti Actionscript hanya bisa mengetik secara manual), perluasan layer (JSAPI), alias text support, timeline effects.

9.    Macromedia Flash 8 (released on September 13, 2005)

Dirilis pada tanggal 13 September 2005, Macromedia Flash Basic 8 adalah sebuah kekurangan yang kaya fitur versi pada tool flash authoring yang targetnya pada pengguna baru yang hanya ingin melakukan gambar dasar, anmasi dan interaktif.) dengan Flash Player 8, produk versi ini memiliki dukungan yang terbatas untuk video dan grapik yang lebih lanjut serta efek animasi. fitur yang ditambahkan terfokus pada ekspresif, kualitas, video, dan mobile authoring.

10.    Adobe Flash CS3 Professional (as version 9, released on April 16, 2007)

Flash CS3 merupakan versi pertama flash yang dirilis dibawah nama Adobe. Namanya berubah dikarenakan Macromedia yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan adobe corp. Sebagai versi 9 dari flash sebelumnya dirilis pada tanggal 16 April 2007.

Fitur CS3 dukungan penuh untuk ActionScript 3.0, memungkinkan seluruh aplikasi untuk dikonversi menjadi ActionScript, penambahan integrasi lebih baik menambahkan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop, dan juga menyediakan gambar Vector yang lebih baik, menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks.

11.    Adobe Flash CS4 Professional (as version 10, released on October 15, 2008)

Dirilis pada 15 oktober 2008 sebagai versi 10 pada flash sebelumnya, memiliki fitur baru diantaranya: dasar manipulasi animasi 3 dimensi, objek berbasis animasi, penyempurnaan text, dan perkembangan lebih lanjut untuk ActionScript 3.0. Flash CS4 ini memungkinkan pengembang untuk lebih efisien dan cepat membuat animasi dengan banyak peningkatan fitur yang tidak disertakan dalam versi sebelumnya.

12.    Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper”)

Sebagai versi 11, yang akan dirilis pada musim semi tahun 2010, dengan nama kode “Viper” ini Berisi format teks yang lebih ditingkatkan, editor kode yang diperbaiki, dan yang lebih extensible.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Adobe Flash: Mengenal Area Kerja Adobe Flash Proposional

Ini adalah langkah awal apabila sahabat ingin Mengenal dan mempelajari Adobe Flash Profesional CS5. Walaupun saat ini versi adobe flash sudah versi CS6, tak jauh bedanya dengan versi CS

16/02/2021 18:33 - Oleh Administrator - Dilihat 5727 kali
Macam Style pada Multimedia Interaktif

Untuk materi bisa di lihat / di download pada link dibawah ini : Link Materi

03/02/2021 12:02 - Oleh Administrator - Dilihat 1709 kali
Komponen Multimedia Interaktif

Multimedia diartikan sebagai penggunaan komputer dalam menyajikan serta menggabungkan teks, gambar, suara/audio, video serta animasi dengan tool (alat bantu) dan link (koneksi) sehin

27/01/2021 08:10 - Oleh Administrator - Dilihat 27628 kali
Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Bandwidth adalah maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data. Kata bandwidth sering kita dengar apalagi saat membahas mengenai topik Virtual

14/01/2021 10:03 - Oleh Administrator - Dilihat 1345 kali
Jenis Pengoperasian Media Interaktif

User interface adalah Cara/mekanisme User melakukan interaksi dengan program, sehingga user dan program dapat ‘berkomunikasi’ satu sama lain. User interface dapat menerima i

13/01/2021 14:39 - Oleh Administrator - Dilihat 1230 kali