• SMK YPT 2 PURBALINGGA
  • Sekolah Pencetak Generasi Sukses
  • official.smkypt2purbalingga@gmail.com
  • 0281 - 892407 / 0812 2727 3344
  • RSS
  • Pencarian

Gateway Internet dengan Mikrotik

Pengertian Gateway

Dilihat dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa ‘gateway’ berasal dari pilihan diksi bahasa Inggris, lebih tepatnya dua kata diksi bahasa Inggris yang dijadikan satu. Gate dan Way, memiliki arti gerbang (pintu) dan jalan, apabila dijadikan satu urutan maka hasilnya jalan antar gerbang, memungkinkan isi gerbang untuk menempuh akses antar jaringan.

Tidak hanya satu atau dua komputer jaringan yang dapat dikoneksikan oleh gateway, tetapi dalam jumlah jaringan yang cukup besar pun justru penggunaan gateway sangat penting untuk dilibatkan. Tanpa melibatkan instrumen gateway jelas koneksi antar jaringan tidak bisa dilakukan.

Istilah gateway merepresentasikan jembatan antara hardware atau software yang jaringan antar keduanya tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer ke masing-masing komputer yang berbeda jaringan. Acap kali, gateway dianggap sebagai perangkat yang menghubungkan komputer jaringan besar dengan jaringan komputer lainnya.

Itulah beberapa pengertian gateway ada yang berpijak pada fungsionalitas, terminologi, hingga cara kerja gateway itu sendiri. Meski terdapat beberapa jenis pengertian, namun yang pasti gateway tetap lebih cocok dianggap sebagai piranti penghubung antar jaringan komputer yang berbeda dalam skala luas, dan tentu saja lebih ruwet dibandingkan bridge.

Fungsi Gateway

Gateway adalah perangkat di dalam komputer yang fungsinya untuk mengoneksi sebuah jaringan komputer terhadap satu jaringan komputer lain, entah satu atau lebih, yang menggunakan protocol informasi yang tidak sama. Sehingga memudahkan perangkat jaringan yang terkoneksi untuk melakukan akses internet.

Meski hampir menyerupai router, perlu digaris bawahi bahwa gateway bukanlah router. Router lebih kepada perangkat yang memancarkan sekaligus menangkap sinyal internet atau membuat sebuah jaringan dapat melakukan akses internet. Sedangkan gateway lebih kepada koneksi antar perangkat komputer yang berada di dalam sebuah internet.

Setelah mengetahu pengertian gateway, perbedaan gateway dengan router, serta beberapa kompleksitasnya, saatnya beranjak ke bagian fungsi gateway secara keseluruhan. Rincian fungsi gateway dapat Anda ketahui di bawah ini, namun penjelasan fungsi tersebut bukan penjelasan yang mendetail, melainkan penjelasan parsial yang menunjukkan inti fungsi saja.

Protocol Converting

Seperti yang telah disampaikan di atas terkait tugas gateway untuk mengoneksikan dua jaringan bahkan lebih dalam satuan sistem internet. Pada bagian ini, gateway memiliki fungsi untuk melakukan protocol converting di dalam sistem internet working.

Memudahkan Akses Informasi

Tanpa dilengkapi dengan gateway, sebuah jaringan komputer dengan protocol yang berbeda-beda mustahil dapat dihubungkan satu sama lainnya. Gateway berfungsi untuk memudahkan terjadinya akses pertukaran data informasi antar komputer di dalam jaringan.

Stabilitas Performa Komputasi

Pada kondisi yang dianggap memungkinkan, sebuah jaringan dapat pula dimanfaatkan atau digunakan untuk meningkatkan stabilitas performa komputasi. Caranya ialah dengan memberikan tugas ‘komputasi’ yang berlebih terhadap perangkat yang didistribusikan kepada komputer lain.

Pengaturan Data

Di dalam sebuah lingkungan bisnis yang melibatkan penggunaan komputer, dengan adanya gateway maka seorang administrator dapat menghandle bahkan mengatur data-data antar jaringan komputer. Merapikannya dan diklasifikasikan pada kepentingan-kepentingan tertentu

Cara Kerja Gateway

Sama seperti perangkat komputer lainnya, gateway juga memiliki cara kerjanya sendiri. Cara kerja gateway pastinya sama seperti namanya.

Serupa pintu masuk, itulah cara kerja gateway pada prinsip dasarnya. Setiap jaringan komputer disambungkan oleh gateway tersebut. Lalu setiap gerbang memiliki dua jenis interface jaringan. Sederhananya seperti saat Anda mengakses alamat website, website baru dapat diakses apabila sudah diberikan arah oleh paket data.

Sebagai penghubung dan pembuka gerbang antar jaringan komputer yang berada di dalam dimensi internet, di dalam gateway terkumpul banyak data yang kemudian bisa diakses oleh perangkat jaringan komputer yang berbeda-beda. Pun sebaliknya, untuk mengakses data di dalam gateway perangkat jaringan komputer yang ada wajib memiliki gateway juga.

Memang tanpa gateway, sebuah jaringan komputer mustahil terkoneksi dan mampu mengakses sebuah data di dalam internet. Oleh karenanya, gateway tidak bisa dicampakkan dari kebutuhan jaringan, baik jaringan komputer dengan komputer maupun jaringan komputer dengan sumber informasi di dalam internet.

Gateway bisa juga disebut sebagai semacam ‘router’ (tapi bukan router) yang tugasnya meneruskan lalu lintas suatu jaringan ke wilayah internet. Bertindak sebagai perangkat perantara antara komputer dengan internet. Semuanya harus melewati gerbang jaringan atau gateway ini tadi.

Konfigurasi Mikrotik Sebagai gateway Internet

Maksudnya gateway internet itu apa sih? Perlu Anda ketahui gateway internet ini sebuah istilah yang sering saya gunakan. Maksudnya adalah router mikrotik ini nantinya akan digunakan sebagai jalan keluar untuk mengakses internet. Jadi, setiap komputer yang hendak mengakses internet pastinya melalui router mikrotik tersebut. Mungkin penjelasan tersebut agak berbelit-belit, namun jangan terlalu dipikirkan.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Oke, kita langsung saja ke teknisnya. Tapi Konsep singkat yang mesti kita pahami dalam kasus ini adalah bahwa mikrotik sudah harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu. Nah, setelah terkoneksi dengan internet, baru kita lakukan beberapa settingan agar komputer klien juga bisa mendapat koneksi internet. Konsep ini sebenarnya sama seperti sharing koneksi internet. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk setting mikrotik sebagai router gateway internet.

Kita asumsikan topologi yang digunakan adalah seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Maka, saya akan berikan IP address terhadap masing-masing ethernet pada mikrotik, sebagai berikut:

  • Ether1: 192.168.10.2/28
  • Ether2 : 192.18.20.1/24

Caranya pada winbox, klik menu IP kemudian pilih addresses. Lalu klik tanda add “+”, masukan IP address dan pilih ethernet yang digunakan untuk IP address tersebut. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

 

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet
 

Setelah masing-masing ethernet memiliki IP address, sekarang tambahkan gateway. Tujuannya adalah menentukan IP mana yang akan menghubungkan ke internet.

Caranya pada menua IP pilih Routes. Kemudian klik tombol add “+”, dan masukan gatewaynya. Pada contoh ini, IP 192.168.10.1 yang saya jadikan gateway, karena IP tersebut yang terhubung ke internet. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Setelah itu, kita tambahkan juga DNS. Singkat saja, fungsi DNS ini adalah untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP, dan juga sebaliknya. Caranya pada menu IP pilih DNS. Dan masukan IP-nya pada form servers. Pada contoh ini saya menggunakan 8.8.8.8. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Nah, sejauh ini router mikrotik sudah dapat terhubung ke internet. Untuk memastikannya silahkan lakukan ping ke website seperti www.google.com atau yang lainnya.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet
 

Nah setelah mikrotik mendapat koneksi internet, sekarang kita setting NAT untuk klien nya. Atau istilah gampangnya, kita sharing koneksi internet tersebut.

Caranya pada menu IP kita pilih Firewall. Setelah muncul kotak dialog firewal, pilih tab NAT, kemudian klik tombol add “+”. Akan muncul kotak dialog baru, pada tab general atur chain=srcnat, out-interface=ether1 (ether yang terhubung ke internet), pada tab Action, aturlah action=masquerade. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Tutorial Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Setting di mikrotik sudah selesai, seharusnya klien yang terhubung sudah dapat terkoneksi ke internet. Jika masih belum bisa, coba cek kembali, mungkin masih ada yang salah atau kurang. Satu hal lagi, biasanya, settingan seperti ini adalah yang pertama dilakukan sebelum melakukan konfigurasi lainnya. Jadi, sangat penting juga ya mengetahui cara setting mikrotik sebagai router gateway internet.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Tipografi

Pengertian Tipografi – Dalam dunia desain grafis, tipografi memegang peran yang cukup penting. Tipografi sering digunakan untuk menyempurnakan sebuah desain. Penggunaan tipog

11/08/2021 22:11 - Oleh Administrator - Dilihat 2830 kali
Pengertian Desain Dan Unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

Pengertian desain menurut JB Reswick adalah: kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan

06/08/2021 06:06 - Oleh Administrator - Dilihat 18569 kali
Sinkronisasi Kurikulum SMK YPT 2 Purbalingga dan Gamelab Indonesia

Jumat, 11 Juni 2021, salah satu SMK swasta terbesar di Purbalingga yaitu SMK YPT 2 Purbalingga mengadakan sinkronisasi kurikulum bersama Gamelab Indonesia, PT Educa Sisfomedia

26/06/2021 08:52 - Oleh Administrator - Dilihat 1101 kali
Gambar Raster/Bitmap

Pengertian Raster Image Berarti gambar raster (dalam bahasa Indonesia) dan juga dikenal dengan raster graphics, raster image adalah format file gambar yang

21/05/2021 05:35 - Oleh Administrator - Dilihat 2761 kali
PENGAMBILAN GAMBAR DENGAN TEKNIK BLURRING

A. Mengenal Teknik Blurring Blurring merupakan istilah dalam bahasa inggris yang diserap dari kata blur. Blur berarti kurang jelas, kabur, dan objek terlihat samar. Dalam dunia fotograf

19/05/2021 07:15 - Oleh Administrator - Dilihat 14971 kali
CorelDraw : Membuat Tulisan 3D CorelDraw

Dalam ruang lingkup desain grafis, gambar terbagi menjadi 2 jenis grafis yaitu 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D). Perbedaannya terletak pada bidangnya, dimana gambar 2D hanya memiliki b

23/04/2021 06:20 - Oleh Administrator - Dilihat 15537 kali
Komposisi Foto dalam Fotografi

Berbicara tentang komposisi dalam fotografi maka kita berbicara tentang bagaimana cara kita menempatkan hal yang menarik (point of interest) foto kita di frame foto. Dengan komposisi fo

21/04/2021 06:30 - Oleh Administrator - Dilihat 6965 kali
CorelDraw : Mewarnai Objek di CorelDRA

Mewarnai atau memberikan warna pada objek di CorelDRAW merupakan hal penting yang harus di pelajari. Kenapa? karena dengan teknik pewarnaan yang baik, desain yang dibuat juga akan lebih

16/04/2021 06:25 - Oleh Administrator - Dilihat 18612 kali
CorelDraw : Membuat Logo Pertamina

Setiap anda jalan-jalan kesuatu tempat pasti anda tidak pernah lupa untuk mengisi bensin untuk kendaraan anda, bukan.Ketika anda berhenti di pom bensin anda pasti melihat logo yang sebe

08/04/2021 21:50 - Oleh Administrator - Dilihat 6850 kali
Teknik Zooming dan Panning

ZOOM ( zooming ) Zooming adalah teknik pemotretan untuk memperoleh hasil foto dengan kesan objek mendekat/ menjauhi kamera. untuk itu digunakan lensa zoom. kecepatan yang digunakan

31/03/2021 07:12 - Oleh Administrator - Dilihat 22049 kali